Nadiarini, , Wulan. and Ansyori , Gunawan and Daimun , Hambali (2012) UPAYA PENINGKATAN KUALITAS PROSES DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SERTA PENGEMBANGAN KARAKTER SISWA DENGAN MENERAPKAN MODEL INVESTIGASI KELOMPOK MELALUI PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (PTK Siswa Kelas VD SDIT IQRA 2 Kota Bengkulu). ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.
![Skripsi Wulan Nadiarini.pdf [thumbnail of Skripsi Wulan Nadiarini.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Skripsi Wulan Nadiarini.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (3MB)
Abstract
Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas proses dan
hasil belajar serta pengembangan karakter siswa dalam mata pelajaran matematika
dengan menerapkan Pendekatan RME melalui Model Investigasi Kelompok.
Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri atas 4 tahap,
yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap observasi, dan tahap
refleksi. Instrumen yang digunakan terdiri atas lembar observasi guru dan
observasi siswa, observasi afektif, psikomotor dan observasi pengembangan
karakter. Hasil penelitian ini menunjukkan pada aktivitas guru siklus I diperoleh
rata-rata 31,75 dengan kriteria “cukup” dan meningkat pada siklus II dengan rata-
rata 40,25 kriteria “baik”. Pada aktivitas siswa siklus I diperoleh rata-rata 31,25
dengan kriteria “cukup” dan meningkat pada siklus II dengan rata-rata 39,75
kriteria “baik”, nilai kognitif siswa pada siklus I diperoleh rata-rata 70,16 dengan
ketuntasan belajar klasikal 68%, dan meningkat pada siklus II diperoleh rata-rata
80,5 dengan ketuntasan belajar klasikal yaitu 92%. Untuk aspek afektif pada
siklus I diperoleh rata-rata 11,50 dengan kriteria “baik” dan meningkat pada
siklus II diperoleh rata-rata 12,16 dengan kriteria “baik”, Untuk aspek
psikomotor pada siklus I diperoleh rata-rata 9,44 dengan kriteria “baik” dan
meningkat pada siklus II diperoleh rata-rata 10,20 dengan kriteria “baik”,
sedangkan untuk pengembangan nilai karakter pada siklus I menunjukan
persentase nilai karakter a) kerja keras: MB 40%, MK 0%, b) rasa ingin tahu :
MB 58%, MK 2%, c) jujur : MB 62%, MK 0%, d) teliti : MB 48%, MK 6%, e)
kreatif : MB 51%, MK 4%, f) disiplin : MB 48%, MK 4% dan meningkat pada
siklus II dengan persentase nilai karakter a) kerja keras : MB 60%, MK 28%,b)
rasa ingin tahu : MB 66%, MK 24%, c) jujur : MB 74%, MK 20%, d) teliti : MB
63%, MK 16%,e) kreatif : MB 64%, MK 16%, f) disiplin : MB 71%, MK 10%.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan Model Investigasi
Kelompok Melalui Pendekatan RME dapat meningkatkan kualitas proses, hasil
belajar dan pengembangan karakter siswa kelas VD SDIT IQRA 2 Kota
Bengkulu.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | 014 Abd. Rachman Rangkuti |
Date Deposited: | 20 Dec 2013 12:46 |
Last Modified: | 20 Dec 2013 12:46 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/5145 |