Larasati Dwi, , Martin and Daimun , Hambali and Nur , Asni (2012) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN NARASI MELALUI MODEL QUANTUM TEACHING “TANDUR”DENGAN METODE PENUGASAN PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS VA SD N 07 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.
![Skripsi Martin Dwi Lestari.pdf [thumbnail of Skripsi Martin Dwi Lestari.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Skripsi Martin Dwi Lestari.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (9MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas pembelajaran dan
kemampuan menulis karangan narasi di kelas Va SDN 07 Kota Bengkulu dengan
cara menerapkan model Quantum Teaching “TANDUR” dengan metode
penugasan. Penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas
(Classroom Action Research) yang dilaksanakan sebanyak dua siklus, setiap
siklus melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek
penelitian ini adalah guru dan siswa kelas Va SDN 07 Kota Bengkulu. Instrumen
yang digunakan terdiri dari lembar observasi guru dan siswa, pengamatan afektif
dan psikomotor. Data tes dianalisis dengan menggunakan rata-rata nilai dan
persentase ketuntasan belajar klasikal. Dari analisis data menunjukkan pada siklus
I diperoleh nilai rata-rata skor observasi guru sebesar 28,75 dengan kriteria cukup,
pada siklus II meningkat sebesar 37,75 dengan kriteria baik. Pada siklus I
diperoleh nilai rata-rata skor observasi siswa sebesar 27,75 dengan kriteria cukup,
pada siklus II meningkat sebesar 36,75 dengan kriteria baik. Hasil analisis
ketuntasan belajar secara klasikal pada siklus I sebesar 64,28% dengan nilai rata-
rata 73,35 pada siklus II meningkat menjadi 89,28% dengan nilai rata-rata
meningkat menjadi 82,57. Untuk aspek afektif pada siklus I dengan perolehan
kategori baik sebanyak 13 siswa dan pada siklus II meningkat mencapai 20 siswa
dengan rata-rata aspek afektif berkembang dari kategori cukup hingga mencapai
kategori baik. Demikian pula untuk aspek psikomotor pada siklus I dengan
perolehan kategori baik sebanyak 14 siswa dan pada siklus II meningkat sebanyak
19 siswa untuk setiap aspek psikomotor dari kategori cukup menjadi baik. Dengan
demikian dapat disimpulkan bahwa Penerapan model Quantum Teaching
“TANDUR” dengan metode penugasan dapat meningkatkan aktivitas
pembelajaran dan kemampuan siswa dalam menulis karangan narasi di kelas Va
SD Negeri 07 Kota Bengkulu.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | 014 Abd. Rachman Rangkuti |
Date Deposited: | 20 Dec 2013 15:53 |
Last Modified: | 20 Dec 2013 15:53 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/5147 |