Neko, Neko and Osa, Juarsa and Herman , Lusa (2012) MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PKN MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY DENGAN MEDIA KOMIK KARTUN DI KELAS VA SDN 59 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.
![Skripsi Neko.pdf [thumbnail of Skripsi Neko.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Skripsi Neko.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (18MB)
Abstract
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan di kelas VA
SD Negeri 59 Kota Bengkulu, bertujuan mendeskripsikan langkah-langakah kegiatan
pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray, untuk mengetahui peningkatan
aktivitas dan hasil belajar mata pelajaran Pkn dengan menerapkan model Kooperatif
tipe stay two stray dengan media komik kartun. Penelitian ini dilaksanakan dalam
dua siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu tahap perencanaan, tahap
pelaksanaan tindakan, tahap observasi, dan tahap refleksi. Instrumen yang digunakan
terdiri dari lembar observasi aktivitas guru dan siswa, pengamatan afektif dan
psikomotor. Data tes dianalisis dengan menggunakan rata-rata nilai dan persentase
ketuntasan belajar klasikal. Dari analisis data menunjukkan pada siklus I diperoleh
nilai rata-rata skor observasi guru sebesar 44 dengan kriteria cukup, pada siklus II
meningkat menjadi 55 dengan kriteria baik. Pada siklus I diperoleh nilai rata-rata
skor observasi aktivitas siswa sebesar 43 dengan kriteria cukup, pada siklus II
meningkat menjadi 54 dengan kriteria baik. Ketuntasan belajar secara klasikal pada
siklus I sebesar 74% dan nilai rata-rata 70,19. Pada siklus II ketuntasan belajar secara
klasikal 89% dan nilai rata-rata meningkat menjadi 76,31. Hasil belajar ranah afektif
yang mendapat persentase terbesar adalah kategori (MB) yaitu aspek mendengarkan
dengan persentase sebesar 44,44%. Hasil belajar ranah psikomotor yang mendapat
persentase terbesar adalah kategori (T) yaitu aspek menggunakan dengan persentase
sebesar 45,36%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Penerapan model model
kooperatif tipe two stay two stray menggunakan media komik kartun dapat
meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VA SD Negeri 59 Kota
Bengkulu.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | 014 Abd. Rachman Rangkuti |
Date Deposited: | 20 Dec 2013 16:01 |
Last Modified: | 20 Dec 2013 16:01 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/5148 |