Musmeri, Nodi and I Wayan , Dharmayana and Herman , Lusa (2012) PENERAPAN METODE EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN PROSES DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas V SDN 06 Kerkap Kabupaten Bengkulu Utara). ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.
![NODI KUSMERI.pdf [thumbnail of NODI KUSMERI.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
NODI KUSMERI.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (10MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas proses dan belajar
siswa pada mata pelajaran IPA di kelas V di SDN 06 Kerkap Kabupaten
Bengkulu Utara dengan menerapkan metode eksperimen. Jenis penelitian
yang dilakukan yaitu penelitian tindakan kelas (Classroom Action
Reseacrh) yang dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari 4
tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap
observasi, dan tahap refleksi. Instrumen yang digunakan terdiri dari
lembar observasi guru dan siswa, dan lembar tes tertulis dalam bentuk
essay. Data hasil belajar yang diperoleh dianalisis secara deskriptif
dengan mengacu pada ketuntasan belajar klasikal. Dari analisis data
menunjukkan pada siklus I diperoleh nilai rata-rata skor observasi guru
sebesar 28,25 dengan kriteria baik, dan rata-rata skor observasi siswa
sebesar 25,75, dengan kriteria baik, pada siklus II rata-rata skor observasi
guru sebesar 35,75 dengan kriteria amat baik dan rata-rata skor observasi
siswa sebesar 35 dengan kriteria amat baik. Hasil analisis ketuntasan
belajar secara klasikal pada siklus 1 sebesar 41% dengan nilai rata-rata
69,28. Pada siklus II ketuntasan belajar secara klasikal meningkat menjadi
91% dengan nilai rata-rata meningkat menjadi 78,42. Dengan demikian
disimpulkan bahwa metode eksperimen dapat meningkatkan hasil dan
kualitas proses belajar khususnya di kelas V SD Negeri 06 Kerkap
Kabupaten Bengkulu Utara.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | 014 Abd. Rachman Rangkuti |
Date Deposited: | 20 Dec 2013 16:10 |
Last Modified: | 20 Dec 2013 16:10 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/5149 |