PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING MELALUI MEDIA AJAR COMPUTER ASSITED INSTRUCTION (CAI) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA DI KELAS VA SDN 25 KOTA BENGKULU

Nurokhimah, Nurokhimah and Endang , Widi Winarni and Resnani, Resnani (2012) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING MELALUI MEDIA AJAR COMPUTER ASSITED INSTRUCTION (CAI) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA DI KELAS VA SDN 25 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[thumbnail of Skripsi Nurokhimah.pdf] Text
Skripsi Nurokhimah.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas pembelajaran dan hasil
belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas VA SD Negeri 25 Kota Bengkulu
dengan cara menerapkan model Problem Based Learning melalui media ajar
Computer Assited Instruction (CAI). Penelitian yang dilakukan adalah Penelitian
Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang dilaksanakan sebanyak dua
siklus, setiap siklus melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan
refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas VA SD Negeri 25 Kota
Bengkulu. Instrumen yang digunakan terdiri dari lembar observasi guru dan
siswa, pengamatan afektif dan psikomotor. Data tes dianalisis dengan
menggunakan rata-rata nilai dan persentase ketuntasan belajar secara klasikal.
Dari analisis data menunjukkan bahwa siklus I diperoleh nilai rata-rata skor
observasi guru sebesar 45,25 dengan kriteria cukup, meningkat pada siklus II
sebesar 57 dengan kriteria baik. Pada siklus I diperoleh nilai rata-rata skor
observasi siswa sebesar 46 dengan kriteria cukup, meningkat pada siklus II
sebesar 58 dengan kriteria baik. Hasil analisis nilai rata-rata pada siklus I yaitu
7,26 dengan ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 60,71%, pada siklus II
meningkat menjadi 8,0 dengan ketuntas belajar klasikal meninangkat menjadi
85,71%. Untuk pengamatan afektif pada siklus I meningkat di siklus II yaitu,
siswa yang mencapai kategori baik dengan persentase rata-rata aspek afektif
meliputi sikap mematuhi mengalami peningkatan dari 49,99% meningkat menjadi
76,78% pada siklus II, aspek mengompromi dari 33,92% meningkat menjadi
62,5%, aspek meyakinkan dari 35,71% meningkat menjadi 66,07%, aspek
mengorganisasikan dari 23,21% meningkat menjadi 57,14%, aspek menghargai
dari 48,21% meningkat menjadi 62,49%. Hasil belajar aspek psikomotor siswa
juga meningkat pada siklus I ke siklus II. Persentase nilai rata-rata skor setiap
aspek psikomotor siswa yang memperoleh nilai kreteria sangat terampil yakni;
untuk aspek sikap menyesuaikan dari rata-rata 41,07% meningkat pada siklus 2
menjadi 62,5%. Pada sikap mengoreksi dari rata-rata 24,99% menigkat menjadi
57,14%, begitu pula pada sikap menggunakan dari nilai rata-rata 49,99%
meningkat menjadi 67,85% dan terakhir aspek sikap artikulasi dari nilai rata-rata
17,85% meningkat menjadi 55,35%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa
Penerapan Model Problem Based Learning melalui Media Ajar Computer Assited
Instruction (CAI) dapat meningkatkan aktivitas pembelajaran dan hasil belajar
khususnya siswa kelas VA SD Negeri 25 Kota Bengkulu.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 20 Dec 2013 16:19
Last Modified: 20 Dec 2013 16:19
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/5150

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200