Kasanova, , Osta and Sri , Irawati and Ansyori , Gunawan (2012) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PBL) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IVB SDN 03 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.
![Skripsi Osta Kasanova.pdf [thumbnail of Skripsi Osta Kasanova.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Skripsi Osta Kasanova.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (21MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada
mata pelajaran IPA di kelas IVB SDN 03 Kota Bengkulu dengan model
pembelajaran PBL. Jenis penelitian yang dilakukan yaitu penelitian tindakan kelas
(Classroom Action Reseacrh) yang dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus
terdiri dari 4 tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap
observasi, dan tahap refleksi. Instrumen yang digunakan terdiri dari lembar
observasi guru dan siswa, lembar penilaian afektif dan psikomotor serta lembar
tes tertulis dalam bentuk isian singkat dan essay. Data hasil belajar yang diperoleh
dianalisis secara deskriptif dengan mengacu pada ketuntasan belajar klasikal. Dari
analisis data menunjukkan pada siklus I diperoleh nilai rata-rata skor observasi
guru sebesar 32 dengan kriteria cukup, dan rata-rata skor observasi siswa sebesar
31,75 dengan kriteria cukup, pada siklus II rata-rata skor observasi guru
meningkat sebesar 35,25 dengan kriteria baik dan rata-rata skor observasi siswa
meningkat sebesar 35 dengan kriteria baik. Kemudian pada lembar penilaian
afektif pada siklus I diperoleh nilai rata-rata 9,15 dan nilai rata-rata pada lembar
penilaian psikomotor 4,8, selanjutnya di siklus II penilaian rata-rata afektif
meningkat sebesar 10,13 dan penilaian rata-rata psikomotor meningkat sebesar
5,13. Hasil analisis ketuntasan belajar secara klasikal pada siklus I sebesar 70%
dengan nilai rata-rata 6,96. Pada siklus II ketuntasan belajar secara klasikal
meningkat menjadi 86,66% dengan nilai rata-rata meningkat menjadi 7,55.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan Model
Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL) dapat meningkatkan aktivitas dan dapat
meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA khususnya siswa kelas
IVB SDN 03 Kota Bengkulu.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | 014 Abd. Rachman Rangkuti |
Date Deposited: | 20 Dec 2013 16:37 |
Last Modified: | 20 Dec 2013 16:37 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/5151 |