Tasari, , Putri. and Resnani, Resnani and Wurjinem, Wurjinem (2012) Hubungan Antara Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah dengan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Kelas IV,V dan VI SDN 26 Kota Bengkulu. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.
![Skripsi Putri Tasari.pdf [thumbnail of Skripsi Putri Tasari.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Skripsi Putri Tasari.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (8MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pemanfaatan
Perpustakaan sekolah dengan hasil belajar bahasa Indonesia kelas IV, V dan VI
SDN 26 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasi. Populasi
sampel penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV, V dan VI SDN 26 Kota
Bengkulu. Instrumen penelitian berupa angket yang terdiri dari 30 soal yang
mengukur tentang tingkat pemanfaatan perpustakaan sekolah. Untuk mengetahui
gambaran pemanfaatan perpustakaan sekolah dengan hasil belajar bahasa
Indonesia dengan menggunakan rumus statistik untuk mencari jarak interval.
Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket, wawancara
dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan perhitungan statistik
“Korelasi Product Moment”. Hasil menunjukkan bahwa rhitung = 0,559 yang
berada pada arah yang positif dengan korelasi yang sedang atau cukup, sedangkan
untuk uji signifikan koefisien korelasi menunjukkan bahwa rtabel pada taraf
signifikan 5 % sebesar 0,254. Dengan demikian dapat diketahui rhitung lebih tinggi
daripada rtabel pada taraf signifikansi 5 % dengan kata lain Ho ditolak sedangkan
Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara
pemanfaatan perpustakaan sekolah dengan hasil belajar bahasa Indonesia siswa
kelas IV, Vdan IV SD Negeri 26 Kota Bengkulu.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | 014 Abd. Rachman Rangkuti |
Date Deposited: | 20 Dec 2013 17:05 |
Last Modified: | 20 Dec 2013 17:05 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/5154 |