Oktaveli, , Rendi. and Puspa , Djuwita and Herman , Lusa (2012) STUDI KASUS SIKAP GURU TERHADAP INOVASI DALAM PEMBELAJARAN PKn DI SDN 45 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.
![Skripsi Rendi Oktaveli.pdf [thumbnail of Skripsi Rendi Oktaveli.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Skripsi Rendi Oktaveli.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (6MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana sikap guru terhadap
inovasi dalam pembelajaran PKn dan apa sajakah faktor-faktor yang
mempengaruhi sikap guru terhadap inovasi dalam pembelajaran PKn. Metode
penelitian yang digunakan adalah metode studi kasus dengan pendekatan
deskriptif kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru SDN 45 Kota
Bengkulu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pertama Guru cendrung
bersikap negatif terhadap inovasi pembelajaran PKn sebab inovasi pembelajaran
PKn sulit diterapkan sehingga guru lebih memilih strategi pembelajaran seperti
biasa dilakukan, Kedua faktor yang mempengaruhi sikap guru terhadap inovasi
pembelajaran PKn yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal yaitu
pertama kurangnya keterampilan dalam mengolah pembelajaran, kedua
kebiasaan
menggunakan
strategi
pembelajaran
yang
tidak
inovatif
(konvensional) sehingga merasa kurang nyaman ketika menggunakan
pembelajaran yang inovatif. faktor eksternal yang menjadi kendala guru dalam
mengadopsi inovasi pembelajaran adalah pertama keadaan fasilitas sekolah yang
kurang mendukung, kedua kurikulum yang padat sehingga pembelajaran inovatif
yang membutuhkan waktu relatif lama tidak dapat mengimbangi kurikulum,
sering terjadi pada guru mengajar hanya mengejar target kurikulum ketimbang
pemahaman konsep oleh siswa, ketiga siswa yang kurang suka dengan
pembelajaran PKn, hal ini diakibatkan oleh faktor internal yaitu kurangnya
keahlian dalam menggunakan strategi pembelajaran.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | 014 Abd. Rachman Rangkuti |
Date Deposited: | 20 Dec 2013 17:09 |
Last Modified: | 20 Dec 2013 17:09 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/5155 |