Erlina, , Rini and Sri , Dadi and Nani , Yuliantini (2012) PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL MELALUI MEDIA VCD UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPS SISWA DI KELAS V SDN 35 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.
![Skripsi Rini Erlina.pdf [thumbnail of Skripsi Rini Erlina.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Skripsi Rini Erlina.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (9MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas pembelajaran dan hasil
belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas V SDN 35 Kota Bengkulu dengan
pendekatan Kontekstual melalui media VCD. Jenis penelitian yang dilakukan
yaitu penelitian tindakan kelas (Classroom Action Reseacrh) yang dilaksanakan
dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu tahap perencanaan, tahap
pelaksanaan tindakan, tahap observasi, dan tahap refleksi. Instrumen yang
digunakan terdiri dari lembar observasi guru dan siswa, lembar penilaian afektif
dan psikomotor serta lembar tes tertulis dalam bentuk isian singkat dan essay.
Data hasil belajar yang diperoleh dianalisis secara deskriptif dengan mengacu
pada ketuntasan belajar klasikal. Dari analisis data menunjukkan pada siklus I
diperoleh nilai rata-rata skor observasi guru sebesar 32 dengan kriteria cukup, dan
rata-rata skor observasi siswa sebesar 30,75 dengan kriteria cukup, pada siklus II
rata-rata skor observasi guru meningkat sebesar 40,5 dengan kriteria baik dan
rata-rata skor observasi siswa meningkat sebesar 39,25 dengan kriteria baik.
Kemudian pada lembar penilaian afektif pada siklus I diperoleh 14 orang siswa
yang mencakup kedalam kriteria cukup dan 20 orang siswa yang mencakup dalam
kriteria baik dari 34 siswa, selanjutnya pada siklus II seluruh siswa mendapat
kriteria baik, sehingga penilaian afektif mengalami peningkatan pada setiap
siklus. Pada lembar penilaian psikomotor pada siklus I yang mencakup dalam
kriteria cukup diperoleh 19 orang siswa, dan 15 orang siswa yang mencakup
dalam kriteria baik dari 34 siswa, selanjunya pada siklus II seluruh siswa siswa
mencakup dalam kriteria baik, sehingga pada penilaian psikomotor mengalami
peningkatan pada setiap siklus. Hasil analisis lembar diskusi siswa (LDS)
ketuntasan belajar klasikal pada siklus I sebesar 76,47%, dengan nilai rata-rata
70,7. Pada siklus II ketuntasan belajar klasikal meningkat menjadi 100%, dengan
nilai rata-rata 81,66. Hasil analisis evaluasi ketuntasan belajar secara klasikal pada
siklus I sebesar 67,64% dengan nilai rata-rata 66,61. Pada siklus II ketuntasan
belajar secara klasikal meningkat menjadi 85,29% dengan nilai rata-rata
meningkat menjadi 75,58. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan
menggunakan Pendekatan Kontekstual Melalui Media VCD dapat meningkatkan
aktivitas pembelajaran serta dapat meningkatkan hasil belajar pada pembelajaran
IPS siswa khususnya siswa kelas V SDN 35 Kota Bengkulu.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | 014 Abd. Rachman Rangkuti |
Date Deposited: | 20 Dec 2013 17:14 |
Last Modified: | 20 Dec 2013 17:14 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/5156 |