PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG ( DIRECT INSTRUCTION) PADA MATA PELAJARAN IPA UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V C SD NEGERI 61 KOTA BENGKULU (Classroom Action Research)

Septiana, , Try and Sri , Irawati and Ansyori , Gunawan (2012) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG ( DIRECT INSTRUCTION) PADA MATA PELAJARAN IPA UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V C SD NEGERI 61 KOTA BENGKULU (Classroom Action Research). ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[thumbnail of Skripsi Try Septiana.pdf] Text
Skripsi Try Septiana.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada
mata pelajaran IPA di kelas VC SDN 61 Kota Bengkulu dengan model
pembelajaran Pembelajaran Langsung.. Jenis penelitian yang dilakukan yaitu
penelitian tindakan kelas (Classroom Action Reseacrh) yang dilaksanakan dalam
2 siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu tahap perencanaan, tahap
pelaksanaan tindakan, tahap observasi, dan tahap refleksi. Instrumen yang
digunakan terdiri dari lembar observasi guru dan siswa, lembar penilaian afektif
dan psikomotor serta lembar tes tertulis dalam bentuk isian singkat dan essay.
Data hasil belajar yang diperoleh dianalisis secara deskriptif dengan mengacu
pada ketuntasan belajar klasikal. Dari analisis data menunjukkan pada siklus I
diperoleh nilai rata-rata skor observasi guru sebesar 27,5 dengan kriteria cukup,
dan rata-rata skor observasi siswa sebesar 28 dengan kriteria cukup, pada siklus II
rata-rata skor observasi guru meningkat sebesar 33 dengan kriteria baik dan rata-
rata skor observasi siswa meningkat sebesar 33,5 dengan kriteria baik. Kemudian
ada lembar penilaian afektif yang meningkat lembar penilaian psikomotor juga
mengalami peningkatan. Hasil analisis ketuntasan belajar secara klasikal pada
siklus I sebesar 70% dengan nilai rata-rata 6,96. Pada siklus II ketuntasan belajar
secara klasikal meningkat menjadi 86,69% dengan nilai rata-rata meningkat
menjadi 7,55. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan
Model pembelajaran langsung dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar pada
pembelajaran IPA siswa khususnya siswa kelas VC SDN 61 Kota Bengkulu.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 20 Dec 2013 17:36
Last Modified: 20 Dec 2013 17:36
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/5160

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200