Rosalina, , Weni and Abdul, Muktadir and Sri , Ken Kustianti (2012) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE TPS DENGAN MEMANFAATKAN LINGKUNGAN SEKOLAH DI KELAS IIIB SD NEGERI 88 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.
![SKRIPSI WENI ROSALINA.pdf [thumbnail of SKRIPSI WENI ROSALINA.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI WENI ROSALINA.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (6MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran
Tematik dan hasil belajar siswa kelas IIIB SDN 88 Kota Bengkulu dengan
penerapan model Kooperatif tipe TPS dengan memanfaatkan lingkungan sekolah .
Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 2 kali
pertemuan dengan subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IIIB SDN 88
Kota Bengkulu dengan jumlah siswa 18 orang. Instrumen yang digunakan terdiri
atas lembar observasi guru dan siswa, lembar penilaian afektif dan psikomotor
serta lembar tes tertulis dan LDS. Dari penelitian yang telah dilakukan dalam 2
siklus terjadi peningkatan pada aktivitas guru dan siswa. Untuk aktivitas guru
pada siklus I rata-rata skor 36,5 dengan kriteria baik dan pada siklus II meningkat
dengan rata-rata skor 42,25 dengan kriteria baik. Untuk aktivitas siswa pada siklus
I rata-rata skor 35,75 dengan kriteria baik dan pada siklus II meningkat dengan
rata-rata skor menjadi 42,75 dengan kriteria baik. Adapun untuk nilai LDS siswa
siklus I IPA 68,33, Matematika 65,55, Bahasa Indonesia 59,44, PKn 69,44, IPS
66,66 dengan kriteria cukup dan pada siklus II IPA 80,55, Matematika 82,77,
Bahasa Indonesia 80,55, PKn 81,66, IPS 84,44 dengan kriteria baik. Untuk hasil
tes pada siklus I mendapat nilai rata-rata kelas IPA 71,11 dengan Ketuntasan
belajar 50%, Matematika 64,44 dengan ketuntasan belajar 50%, Bahasa Indonesia
68,61 dengan ketuntasan belajar 50%, SBK 71,94 dengan ketuntasan belajar
66,66%, PKn 68,05 dengan ketuntasan belajar 55,55%, IPS 71,66 dengan
ketuntasan belajar 61,11% dengan kriteria cukup dan siklus II diperoleh nilai rata-
rata IPA 79,44 dengan ketuntasan belajar 88,88%, Matematika 77,77 dengan
ketuntasan belajar 83,33%, Bahasa Indonesia 73,33 dengan ketuntasan belajar
88,88%, SBK 73,33 dengan ketuntasan belajar 77,77, PKn 78,05 dengan
ketuntasan belajar 83,33%, IPS 76,66 dengan ketuntasan belajar 83,33% dengan
kriteria baik. Untuk penilaian afektif pada siklus I diperoleh rata-rata skor IPA
11,05, Matematika 10,5, Bahasa Indonesia 9,72, SBK 20,7, PKn 10,94, IPS 10,66
dengan kriteria cukup dan pada siklus II diperoleh skor IPA 12,16, Matematika
12,61, Bahasa Indonesia 12,61, SBK 13, PKn 12,16, IPS 12,22 dengan kriteria
baik. Untuk penilaian psikomotor pada siklus I diperoleh skor IPA 8,83,
Matematika 8,11, Bahasa Indonesia 8,16, SBK 8,83, PKn 8,44, IPS 8,11 dan pada
siklus II diperoleh skor IPA 10,16, Matematika 10,22, Bahasa Indonesia 10,05,
SBK 10,22, PKn 10,44, IPS 10,05 dengan kriteria baik. Dari hasil penelitian ini
dapat disimpulkan bahwa proses pembelajaran tematik dengan menerapkan model
kooperatif tipe TPS dengan memnafaatkan lingkungan sekolah dapat
meningkatkan kualitas proses pembelajaran dan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | 014 Abd. Rachman Rangkuti |
Date Deposited: | 20 Dec 2013 17:39 |
Last Modified: | 20 Dec 2013 17:39 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/5161 |