HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) PADA SISWA KELAS V SDN 06 KOTA BENGKULU

Aprilia, , Widia and Wurjinem, Wurjinem and Rita , Sinthia (2012) HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) PADA SISWA KELAS V SDN 06 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[thumbnail of Skripsi Widia Aprilia.pdf] Text
Skripsi Widia Aprilia.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Korelasi yang dilaksanakan di kelas V
SD Negeri 06 Kota Bengkulu, bertujuan untuk mengetahui hubungan antara
motivasi belajar dengan prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) pada siswa
kelas V SD Negeri 06 Kota Bengkulu. Populasi sampel penelitian ini adalah
seluruh siswa kelas V SD Negeri 06 kota Bengkulu tahun ajaran 2011/2012, untuk
pelaksanaan penelitian ini diambil kelas uji coba instrumen yaitu kelas V SD
Negeri 02 Bengkulu. Instrumen penelitian berupa angket dan dokumentasi.
Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket dan
dokumentasi berupa hasil belajar dan foto-foto hasil pelaksanaan penelitian.
Teknik analisis data dilakukan dengan statistik analisis korelasi Product Moment.
Hasil yang dicapai dalam penelitian ini dengan teknik analisis korelasi Product
Moment yang dilakukan, diperoleh nilai ??? = 0,654 untuk mengetahui apakah
hubungan itu signifikan atau tidak maka “r” hasil perhitungan dibandingkan
dengan “r” tabel dan sebelum membandingkannya terlebih dahulu dicari derajat
kebebasannya atau df (degree of freedom) dan diperoleh df = 27 dengan
memeriksa tabel nilai “r” product moment ternyata bahwa dengan df sebesar 27,
pada taraf signifikansi 5 % diperoleh “r” tabel = 0,367 sedangkan pada taraf
signifikansi 1 % diperoleh “r” tabel = 0,470 dan jika dilihat pada harga “r” tabel
tersebut ??? lebih besar dari pada harga “r” tabel. Baik pada taraf signifikan 5 %
(0.65>0.367), maupun pada taraf signifikan 1 % (0.65>0.470). dengan demikian
hipotesa alternative diterima artinya terdapat hubungan positif yang sedang atau
cukup antara variabel X dan variabel Y. Maka dapat disimpulkan bahwa Terdapat
korelasi yang signifikan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar siswa
dalam mempelajari bidang studi Ilmu Pengetahuan Sosial sekalipun tingkat
korelasinya tergolong sedang atau cukup.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 20 Dec 2013 17:43
Last Modified: 20 Dec 2013 17:43
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/5162

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200