Eminita., Yulitria and Pudji , Hartuti and Ansyori , Gunawan (2012) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA KOMPETENSI DASAR: MENENTUKAN SIFAT-SIFAT BANGUN RUANG SEDERHANA DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DI KELAS IVC SDIT AL HASANAH KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.
![YULITRIA EMINITA.pdf [thumbnail of YULITRIA EMINITA.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
YULITRIA EMINITA.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (6MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas pembelajaran, hasil belajar
dan sikap kerjasama siswa pada mata pelajaran Matematika di kelas IVC SDIT Al
Hasanah dengan menerapkan model kooperatif tipe TGT. Instrumen penelitian
terdiri dari lembar observasi: guru dan siswa, kerjasama, afektif dan psikomotor
serta
evaluasi.
Teknik
pengumpulan
data
menggunakan
pengamatan,
dokumentasi, dan hasil belajar dengan teknik analisis data: data tes dan data
observasi. Hasil penelitian pada siklus I diperoleh nilai rata-rata skor observasi
guru sebesar 36,8 dengan kriteria cukup, dan rata-rata skor observasi siswa
sebesar 35 dengan kriteria cukup, pada siklus II rata-rata skor observasi guru
meningkat sebesar 46 dengan kriteria baik dan rata-rata skor observasi siswa
meningkat sebesar 44,25 dengan kriteria baik. Penilaian kerjasama, afektif dan
psikomotor pada siklus I diperoleh nilai rata-rata 76, 77 dan 73,5 selanjutnya di
siklus II penilaian rata-rata kerjasama, afektif dan psikomotor meningkat sebesar
92, 86 dan 87. Hasil analisis ketuntasan belajar secara klasikal pada siklus I
sebesar 54% dengan nilai rata-rata 63,5. Pada siklus II ketuntasan belajar secara
klasikal meningkat menjadi 83% dengan nilai rata-rata meningkat menjadi 86.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan Model Pembelajaran
Kooperatif Tipe TGT dapat meningkatkan aktivitas pembelajaran, hasil belajar
dan sikap kerjasama siswa pada pembelajaran Matematika.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | 014 Abd. Rachman Rangkuti |
Date Deposited: | 20 Dec 2013 17:51 |
Last Modified: | 20 Dec 2013 17:51 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/5164 |