Afriyanti, , Yuni and Resnani, Resnani and Wurjinem, Wurjinem (2012) PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) MELALUI MEDIA GAMBAR SERI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI SISWA KELAS IVC SD NEGERI 11 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.
![Skripsi Yuni Afriyanti.pdf [thumbnail of Skripsi Yuni Afriyanti.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Skripsi Yuni Afriyanti.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (9MB)
Abstract
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research)
yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan kemampuan
menulis karangan deskripsi dengan penerapan model Cooperative Learning tipe
Think-Pair-Share melalui Media Gambar Seri pada siswa kelas IVC SDN 11 kota
bengkulu. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus, tiap siklus melalui
tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah
guru dan siswa kelas IVC SDN 11 Kota Bengkulu. Instrumen yang digunakan
terdiri dari lembar observasi guru dan siswa, lembar penilaian afektif dan
psikomotor serta lembar tes menulis karangan deskripsi siswa. (1) Data observasi
dianalisis dengan menggunakan rata-rata skor dan kriteria skor, sedangkan data
tes dianalisis dengan menggunakan rata-rata nilai persentase ketuntasan belajar
siswa Dari analisis data menunjukkan pada siklus I diperoleh nilai rata-rata skor
observasi guru sebesar 37,5 dengan kriteria “baik”, dan meningkat pada siklus II
sebesar 42 dengan kriteria “baik”. Rata-rata skor observasi siswa pada siklus I
sebesar 35,5 dengan kriteria “cukup”, dan meningkat pada siklus II yaitu 41,5
dengan kriteria “baik”. (2) Lembar penilaian afektif pada siklus I diperoleh skor
sebesar 10,7 dengan kriteria “cukup” dan meningkat pada siklus II sebesar 12,6
dengan kriteria “baik”. (3) Lembar penilaian psikomotor pada siklus I diperoleh
skor sebesar 9,2 dengan kriteria “cukup” dan meningkat pada siklus II sebesar
10,8 dengan kriteria :baik”. (4) Hasil tes menulis karangan deskripsi pada siklus I
diperoleh nilai rata-rata kelas sebesar 65,40 dengan ketuntasan belajar klasikal
sebesar 45% dan mengalami peningkatan pada siklus II dengan nilai rata-rata 80,2
dengan ketuntasan belajar klasikal sebesar 83,33%. Dari hasil penelitian ini dapat
disimpulkan bahwa dengan Penerapan Model Cooperative Learning tipe Think-
Pair-Share melalui Media Gambar Seri dapat meningkatkan kualitas proses
pembelajaran dan kemampuan siswa dalam menulis karangan deskripsi khususnya
siswa kelas IVC SD Negeri 11 Kota Bengkulu.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | 014 Abd. Rachman Rangkuti |
Date Deposited: | 20 Dec 2013 17:57 |
Last Modified: | 20 Dec 2013 17:57 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/5165 |