PENGARUH PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) TERHADAP PERKEMBANGAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS II SD KARTIKA 1.10 PADANG

Muchlis , Effie Efrida (2012) PENGARUH PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) TERHADAP PERKEMBANGAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS II SD KARTIKA 1.10 PADANG. EXACTA, 10 (2). pp. 136-139. ISSN 1412-3617

[thumbnail of Journal]
Preview
Text (Journal)
08. Effie Efrida Mukhlis.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (74kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Kemampuan pemecahan masalah siswa yang belajar dengan
pendekatan PMRI dan siswa yang belajar dengan pendekatan konvensional. 2) Perkembangan kemampuan
siswa dalam pemecahan masalah matematis setelah melaksanakan pembelajaran dengan pendekatan PMRI,
dan 3) Bagaimana peranan guru dalam membantu siswa mengembangkan kemampuan pemecahan masalah
setelah mengikuti workshop PMRI. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dilakukan dalam
bentuk quasy experiment yang didukung dengan data kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah satu orang
guru kelas dan siswa kelas II tahun pelajaran 2010/2011 SD Kartika 1.10 Padang. Instrumen yang digunakan
dalam penelitian ini adalah soal tes kemampuan pemecahan masalah. Dalam penelitian juga digunakan lembar
kerja siswa (LKS) untuk membantu siswa dalam pembelajaran dengan PMRI. Teknik analisis data yang
digunakan adalah untuk data kuantitatif berupa tes kemampuan pemecahan masalah dianalisis dengan
menggunakan Uji-t. Untuk data pendukung berupa data kualitatif digunakan analisis deskriptif. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang belajar dengan
pendekatan PMRI lebih baik secara signifikan dari pada siswa yang belajar dengan pendekatan konvensional,
terjadi perkembangan kemampuan pemecahan masalah ditunjukkan dengan kemampuan siswa menyelesaikan
soal-soal yang tidak rutin, dan usaha yang dilakukan guru untuk meningkatkan kemampuan pemecahan
masalah dengan membuat perangkat pembelajaran berbasis PMRI dan melatih siswa untuk menyelesaikan
masalah tidak rutin.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: 001 Bambang Gonggo Murcitro
Date Deposited: 28 Mar 2013 22:37
Last Modified: 28 Mar 2013 22:37
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/519

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200