Zamzaili , Zamzaili (2012) KOMPARASI HASIL BELAJAR GEOMETRI MENGGUNAKAN METODE FIGURAL KONSEP DAN EVALUASI FORMATIF KOREKTIF PADA SISWA KELAS VIII SMPN 15 KOTA BENGKULU. EXACTA, 10 (2). pp. 143-147. ISSN 1412-3617
10. Zamzaili.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (87kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat perbedaan hasil belajar geometri menggunakan metode figural konsep
dan evaluasi formatif korektif. Penelitian quasi ekperimen ini menggunakan desain randomized control-group
only design dengan besar sampel untuk kelas perlakuan dan kelas kontrol berjumlah 32 siswa. Instrumen
untuk memperoleh data digunakan tes hasil belajar geometri pilihan ganda berjumlah 40 butir. Validasi tes
dilakukan uji panelis dan uji coba ke siswa. Untuk melihat perbedaan hasil belajar data dianalisis dengan
menggunakan rumus t-test equal varians. Hasil pengujian panelis diperoleh r
= 0,93 yang berarti tes dapat
dipercaya, sedangkan hasil uji coba diperoleh 32 butir tes yang memenuhi kriteria analisis butir. Rata-rata
hasil belajar geometri kelas perlakuan dan kelas kontrol diperoleh 67,83 dan 62,67. Hasil perhitungan rumus
equal varian diperoleh t-hitung = 5,51, harga kritik t untuk α = 5% adalah = 1,99 untuk α = 1% adalah = 2,64
berarti terdapat perbedaan yang sangat signifikan. Melihat nilai rata-rata kedua kelas dapat dikatakan bahwa
hasil belajar geometri siswa yang diajar menggunakan metode figural konsep lebih tinggi dari hasil belajar
geometri siswa menggunakan evaluasi formatif korektif.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Mathematics Education |
Depositing User: | 001 Bambang Gonggo Murcitro |
Date Deposited: | 28 Mar 2013 22:45 |
Last Modified: | 28 Mar 2013 22:45 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/521 |