PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN “KEONG” UNTUK MENGOPTIMALKAN PENGUASAAN KONSEP BILANGAN IRRASIONAL MAHASISWA PENDIDIKAN MATEMATIKA UNIVERSITAS BENGKULU

Yensi, Nurul Astuti (2011) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN “KEONG” UNTUK MENGOPTIMALKAN PENGUASAAN KONSEP BILANGAN IRRASIONAL MAHASISWA PENDIDIKAN MATEMATIKA UNIVERSITAS BENGKULU. EXACTA, 9 (1). pp. 29-37. ISSN 1412-3617

[thumbnail of Journal]
Preview
Text (Journal)
05. Nurul Astuti Yensi Hal. 29-37.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (148kB) | Preview

Abstract

Salah satu matakuliah pendidikan matematika di FKIP Universitas Bengkulu yang memerlukan banyak
pemahaman konsep adalah Aljabar Rendah, terutama pada materi bilangan bentuk akar (bilangan irrasional). Berdasarkan pengalaman, selama mengampu matakuliah ini, para mahasiswa bersikap pasif dalam mengikuti perkuliahan sehingga tidak optimal dalam memahami suatu konsep serta hasil belajar
mahasiswa secara rata-rata berada pada tingkat sedang (nilai C), sehingga dilakukan penelitian tentang penerapan strategi pembelajaran “keong” untuk mengoptimalkan penguasaan konsep bilangan irrasional mahasiswa pendidikan matematika Universitas Bengkulu. Pembelajaran “keong” merupakan
pengembangan pembelajaran konsep bilangan bentuk akar melalui penerapan teorema Pythagoras dan pola luasan segitiga siku-siku. Indikator keberhasilan tindakan adalah jika rata-rata nilai mahasiswa > 70, dengan ketuntasan belajar secara klasikal ≥ 85% serta respon positif mahasiswa terhadap pembelajaran ≥ 85%. Subjek penelitian adalah mahasiswa semester I angkatan 2010 pendidikan matematika J-PMIPA FKIP UNIB yang mengambil mata kuliah aljabar rendah dan berjumlah 41 orang. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas dengan dua siklus. Alur pelaksanaan tindakan meliputi rencana tindakan, pelaksanaan, observasi dan refleksi lalu rencana tindakan selanjutnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi pembelajaran keong dapat mengoptimalkan penguasaan konsep
bilangan irrasional mahasiswa dengan hasil belajar siklus I dan II adalah 76,34 dan 80,61 serta ketuntasan
belajar klasikal setiap siklus adalah 78% dan 97,6%. Penerapan strategi pembelajaran keong pada
bilangan irrasional dapat diikuti dan diterima dengan baik oleh mahasiswa. Hal ini dapat dilihat pada respon positif mahasiswa dengan persentase setiap siklus dari siklus I dan II adalah 92,68% dan 100%.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: 001 Bambang Gonggo Murcitro
Date Deposited: 03 Apr 2013 10:38
Last Modified: 03 Apr 2013 10:38
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/527

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200