Septoarmiko, Debi and Fachruzzaman, Fachruzzaman (2012) PENGUKURAN KEPUASAN MAHASISWA TERHADAP PELAYANAN PENDIDIKAN DI JURUSAN AKUNTANSI UNIVERSITAS BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Ekonomi UNIB.
![Skripsi Debi Septoarmiko-0.pdf [thumbnail of Skripsi Debi Septoarmiko-0.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Skripsi Debi Septoarmiko-0.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengukur bagaimana kepuasan serta harapan
mahasiswa terhadap pelayanan pendidikan yang ada di Jurusan Akuntansi Universitas
Bengkulu, serta bagaimana tingkat mutu pelayanan pendidikan dan kinerja Jurusan
Akuntansi Universitas Bengkulu bila mengacu pada Surat Keputusan Menteri
Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor : KEP/25/M.PAN/2/2004.
Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa Jurusan Akuntansi Fakultas
Ekonomi Universitas Bengkulu semester 3, 5, dan 7. Variabel yang digunakan dalam
penelitian ini yaitu keandalan (reliability), daya tanggap (responsiveness), kepastian
(assurance), empati (empathy), dan berwujud (tangible), yang kemudian diturunkan lagi
menjadi sub-sub variabel yang jumlahnya sebanyak 21 sub variabel, bukan 14 variabel
yang ada di dalam Surat Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor :
63/KEP/M.PAN/7/2003 yang tercantum dalam Surat Keputusan Menteri Pendayagunaan
Aparatur Negara Nomor : KEP/25/M.PAN/2/2004, karena 14 variabel tersebut di rasa
kurang tepat digunakan dalam penilaian terhadap instansi pendidikan, namun lebih tepat
bila digunakan di dalam penilaian instansi pemerintahan. Metode pengambilan sampel
yang digunakan dalam penelitian ini adalah non-probability sampling yaitu purposive
sampling. Teknik analisis data menggunakan bantuan program komputer microsoft office
excel 2007.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa mutu pelayanan dan kinerja Jurusan
Akuntansi Universitas Bengkulu secara keseluruhan yang mengacu pada Surat Keputusan
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor : KEP/25/M.PAN/2/2004 adalah
“baik”. Walaupun dari 21 sub variabel yang ada, 2 sub variabel dinyatakan “kurang baik”
dan 1 sub variabel dinyatakan “sangat baik”, sementara 18 sub variabel lainnya
dinyatakan “baik”. Namun, dari keseluruhan sub variabel tersebut belum ada yang
memenuhi harapan mahasiswa, dengan kata lain kepuasan mahasiswa terhadap pelayanan
pendidikan di Jurusan Akuntansi Universitas Bengkulu masih di bawah harapan
mahasiswa, hal tersebut di duga karena mahasiswa kebanyakan berekspektasi kepada
PTN dan PTS yang ada di pulau jawa, tidak melihat bagaimana PTN dan PTS yang ada di
pulau sumatera.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Faculty of Economy > Department of Accounting |
Depositing User: | 014 Abd. Rachman Rangkuti |
Date Deposited: | 22 Dec 2013 16:24 |
Last Modified: | 22 Dec 2013 16:24 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/5284 |