Firdaus, Firdaus and Soengkono, Soengkono (2012) ANALISIS FAKTOR KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA TOKO XTRA CENTER RAWAMAKMUR (STUDI KASUS MAHASISWA UNIB). ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Ekonomi UNIB.
![Skripsi Firdaus-0.pdf [thumbnail of Skripsi Firdaus-0.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Skripsi Firdaus-0.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (872kB)
Abstract
Seiring dengan perkembangan industri jasa khusus nya pada retail adalah salah
satu industri yang paling dinamis saat ini, pemilik bisnis retail terutama yang
berbasis toko (store based retailing) harus mampu mengantisipasi perubahan
perubahan yang terjadi dalam pasar dan dengan tanggap mengadaptasi pada bisnis
mereka sehingga selalu sesuai dengan life style.
Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah mengetahui dan
menganalisis faktor – faktor yang mempengaruhi konsumen dalam keputusan
pembelian di Toserba Xtra center pada mahasiswa Univesitas Bengkulu.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan survey,
dengan menggunakan teknik nonprobabilitistic sampling dengan accidental
sampling dengan jumlah sampel 100 responden. dengan menggunakan uji
validitas dan uji reliabilitas serta menggunakan metode penelitian analisis faktor
dengan uji KMO dan Barlet’s test Selanjutnya analisis faktor ini akan dilakukan
dengan metode Principal Componen Analysis (PCA) yang akan menghasilkan
faktor baru.
Hasil menunjukan bahwa sebagian besar konsumen yang melakukan pembelian
pada Xtra Center adalah wanita sebesar 62% dengan pendapatan uang saku
responden perbulan sebesar 54% berada pada Rp.500.000 – Rp. 1.000.000,-.
Setelah melakukan uji validitas dan reliabilitas data analisis deskriptif dengan
menggunaka analisis faktor pada indikator yang menjadi penyebab keputusan
pembelian maka didapatkan 5 faktor baru yang telah direduksi dari 16 faktor
maka hasilnya adalah harga, produk, pelayanan, interior, lay out.
Faktor yang menyebabkan keputusan pembelian tersebut menjadi fokus
perusahaan dalam menciptakan suatu strategi baru dalam membangun loyalitas
dengan pelanggan guna menciptakan suasana toko yang nyaman dan baik
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Faculty of Economy > Department of Management |
Depositing User: | 014 Abd. Rachman Rangkuti |
Date Deposited: | 22 Dec 2013 17:44 |
Last Modified: | 22 Dec 2013 17:44 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/5316 |