KUALITAS LAYANAN PUBLIK HO DAN SITU PADA BADAN PELAYANAN PERIZINAN TERPADU (BPPT) DALAM RANGKA PENINGKATAN USAHA EKONOMI DI KOTA BENGKULU

Heryson, Jimmy and Mintargo, Mintargo and Rusdi, Rusdi (2012) KUALITAS LAYANAN PUBLIK HO DAN SITU PADA BADAN PELAYANAN PERIZINAN TERPADU (BPPT) DALAM RANGKA PENINGKATAN USAHA EKONOMI DI KOTA BENGKULU. Masters thesis, Fakultas Ekonomi UNIB.

[thumbnail of Tesis Kak Jimmy.pdf] Text
Tesis Kak Jimmy.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalahuntuk mengetahui kualitas layanan publik yang
diselenggarakan BPPT (Badan Pelayanan Perizinan Terpadu) Kota Bengkulu dalam
pembuatan HO/SITU. Jenis penelitian ini adalah penelitian survey. Metode
penelitian yang digunakan ini jelas mengarah pada penggunaan metode penelitian
kualitatif. Penelitian ini menggunakan metode penelitian analisis deskriptif yaitu
suatu metode penelitian yang mencoba menggambarkan kejadian, fakta, data dari
gejala sosial yang ada dilapangan dengan menggunakan teori-teori yang ada. Jenis
data yang digunakan adalah data sekunder berupa data laporanjumlahperizinanpada
BPPT
Kota
Bengkulu
dan
data
primer
yaitu
data-data
mengenaipersepsimasyarakatterhadapkualitaspelayanan BPPT Kota Bengkulu yang
diperolehdaripenyebarankuesionerdanwawacara. Populasi dalam penelitian ini
adalah seluruh masyarakat yang mengurus perizinan HO dan SITU pada Badan
Pelayanan Perizinan Terpadu (BPPT) Kota Bengkulu. Sampel yang digunakan dalam
penelitian ini akan diambil dengan teknik purposive random sampling sebesar 50%
dari jumlah populasi. Sedangkan populasi penelitian ini berjumlah 80 orang. Dengan
demikian sampel yang diambil sebanyak 40 orang. Metode analisis data digunakan
adalah analisis kuantitatif sederhana dengan menghitung indeks kepuasan
masyarakat (IKM) dan analisis deskriptif kualitatif.
Berdasarkan hasil analisis data diperoleh hasil bahwa : (1) Kualitas pelayanan
ditinjau dari prosedur pelayanan telah berada kriteria cukup baik; (2) Kualitas
pelayanan ditinjau dari kesesuaian persyaratan pelayanan telah berada kriteria baik;
(3) Kualitas pelayanan ditinjau dari kejelasan petugas pelayanan telah berada kriteria
baik; (4) Kualitas pelayanan ditinjau dari kedisiplinan petugas pelayanan telah
berada kriteria baik; (5) Kualitas pelayanan ditinjau dari tanggungjawab petugas
pelayanan telah berada kriteria baik; (6) Kualitas pelayanan ditinjau dari kemampuan
petugas pelayanan telah berada kriteria baik; (7) Kualitas pelayanan ditinjau dari
kecepatan pelayanan telah berada kriteria baik; (8) Kualitas pelayanan ditinjau dari
keadilan pelayanan telah berada kriteria baik; (9) Kualitas pelayanan ditinjau dari
kesopanan dan keramahan petugas pelayanan telah berada kriteria baik; (10) Kualitas
pelayanan ditinjau dari kewajaran biaya pelayanan telah berada kriteria baik; (11)
7
Kualitas pelayanan ditinjau dari kepastian biaya pelayanan telah berada kriteria baik;
(12) Kualitas pelayanan ditinjau dari kepastian waktu pelayanan telah berada kriteria
baik; (13) Kualitas pelayanan ditinjau dari kenyamanan lingkungan pelayanan telah
berada kriteria cukup baik; dan (14) Kualitas pelayanan ditinjau dari keamanan
lingkungan pelayanan telah berada kriteria cukup baik.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Postgraduate Program > Master of Development Planning Program
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 23 Dec 2013 14:27
Last Modified: 23 Dec 2013 14:27
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/5516

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200