Silalahi, Mariani and Alexon, Alexon and Riskan, Riskan (2013) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SIRKUIT (CIRCUIT TRAINING) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LOMPAT JAUH GAYA JONGKOK PADA SISWA KELAS IV SDN 05 TALANG EMPAT BENGKULU TENGAH. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bengkulu.
![Thesis [thumbnail of Thesis]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
I,II,III,1-13-mar.fi.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (437kB)
![Thesis [thumbnail of Thesis]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
IV,V,LAMP,1-13-mar.fi.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran sirkuit (circuit training) dapat meningkatkan kemampuan lompat jauh gaya jongkok siswa. Penelitian ini adalah sebuah penelitian tindakan
kelas (classroom action research). Populasi penelitian adalah siswa kelas IV SDN 05 Talang Empat Bengkulu Tengah dengan sampel penelitian sebanyak 30 orang siswa dengan menggunakan sirkuit (circuit training). Hasil penelitian
ini didapat dari hasil tes pra skilus nilai rata-rata siswa adalah 4,90 dan ketuntasan belajar siswa adalah 13,33%. Setelah menerapkan pembelajaran sirkuit (circuit training) hasil tes pada siklus I nilai rata-rata siswa adalah 5,73
dan ketuntasan belajar siswa adalah 40,00%. Namun nilai hasil tes pada siklus I belum mencapai KKM yang diharapkan yaitu 70. Setelah melakukan siklus berikutnya (siklus II dan siklus III) maka nilai rata-rata siswa menjadi
7,47 dan ketuntasan belajar siswa adalah 83,33%. Berdasarkan analisis penelitian ini dapat ditarik kesimpulan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran sirkuit (circuit training) dapat meningkatkan kemampuan lompat jauh gaya jongkok siswa. Peneliti menyarankan kepada guru bidang studi pendidikan jasmani menggunakan model pembelajaran ini sebagai salah satu alternatif model pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam
melakukan lompat jauh gaya jongkok. Manfaat yang dapat diambil dari penelitian ini adalah kemampuan siswa dalam melakukan lompat jauh gaya jongkok semakin meningkat.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | ?? def_phi ?? |
Depositing User: | Users 30 not found. |
Date Deposited: | 23 Dec 2013 15:08 |
Last Modified: | 23 Dec 2013 15:08 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/5533 |