Inzani,, Ika and Puspa , Djuwita and Rita , Sinthia (2012) Penerapan Pendekatan Konstruktivisme untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada pembelajaran PKn siswa kelas VA SD Negeri 81 Kota Bengkulu. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.
![Skripsi Ika Inzani-0.pdf [thumbnail of Skripsi Ika Inzani-0.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Skripsi Ika Inzani-0.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (7MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan
berpikir kritis siswa pada pembelajaran PKn di kelas VA SD Negeri 81
Kota Bengkulu dengan menerapkan pendekatan konstruktivisme. Jenis
penelitian yang dilakukan yaitu penelitian tindakan kelas (Classroom
Action Research) yang dilaksananakan dalam dua siklus, setiap siklus
terdiri dari 4 tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan
tindakan, tahap observasi, dan tahap refleksi. Subjek penelitian ini
adalah guru dan siswa kelas VA SD Negeri 81 Kota Bengkulu pada
semester I tahun pelajaran 2012/2013. Instrumen yang digunakan
terdiri dari lembar observasi guru dan siswa, lembar penilaian
kemampuan berpikir kritis. Teknik pengumpulan data yang digunakan
yaitu observasi atau pengamatan dan lembar penilaian kemampuan
berpikir kritis. Data observasi dianalisis dengan rata-rata skor, skor
tertinggi, skor terendah, selisih skor dan kisaran untuk tiap kriteria
sedangkan data penilaian kemampuan berpikir kritis dianalisis dengan
menggunakan rumus rata-rata nilai dan presentase ketuntasan klasikal.
Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu: (1) pada siklus 1
diperoleh nilai rata-rata lembar observasi guru sebesar 27 dengan
kategori cukup dan nilai rata-rata lembar observasi siswa sebesar 28
dengan kategori cukup. Sedangkan hasil penilaian kemampuan
berpikir kritis siswa dari 35 siswa diperoleh 67,89 (2) pada siklus ll
diperoleh nilai rata-rata lenbar observasi guru sebesar 33 dengan
kategori baik dan nilai rata-rata lembar observasi siswa sebesar 35
dengan kategori baik, sedangkan hasil penilaian kemampuan berpikir
kritis siswa dari 35 siswa diperoleh 80,24. Dari hasil penelitian dapat
disimpulkan bahwa penerapan pendekatan konstruktivisme dapat
meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada pembelajaran PKn
siswa SD Negeri 81 Kota Bengkulu.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | 014 Abd. Rachman Rangkuti |
Date Deposited: | 24 Dec 2013 12:18 |
Last Modified: | 24 Dec 2013 12:18 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/5729 |