Sari, Kiki Maike and Nani , Yuliantini and Wurjinem, Wurjinem (2013) PENERAPAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME MELALUI METODE IMAGE STREAMING (IS) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI SISWA KELAS IVA SD NEGERI 71 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.
![Thesis [thumbnail of Thesis]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
IV,V,LAMP,2-13-kik.FI..pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (2MB)
![Thesis [thumbnail of Thesis]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
I,II,III,2-13-kik.FI..pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan meningkatkan aktivitas pembelajaran dan kemampuan menulis karangan deskripsi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas
IVA SDN 71 Kota Bengkulu. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar tes dan lembar non tes, lembar tes berupa tes kemampuan menulis karangan deskripsi dan lembar non tes berupa lembar observasi siswa dan guru,
lembar afektif dan psikomotor. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan tes. Data observasi dianalisis dengan menggunakan kriteria dan skor pengamatan sedangkan data tes akan dianalisis dengan menggunakan nilai rata-rata dan
persentase ketuntasan belajar klasikal. Hasil analisis data terhadap aktivitas guru pada siklus I diperoleh rata-rata 28 dengan kriteria cukup dan meningkat pada siklus II dengan rata-rata 35 dengan kriteria baik sedangkan hasil analisis data terhadap aktivitas siswa siklus I diperoleh rata-rata 28,25 dengan kriteria cukup dan meningkat pada siklus II dengan skor rata-rata 36,75 dengan kriteria baik.
Hasil analisis data kemampuan menulis karangan deskripsi siswa pada siklus I diperoleh rata-rata 65,2 dengan ketuntasan belajar klasikal 55% dan meningkat
pada siklus II diperoleh rata-rata 73,7 dengan ketuntasan klasikal yaitu 71%. Hasil analisis data pengamatan afektif siswa siklus I yang mendapat nilai baik sebanyak
20 siswa, nilai cukup 8 siswa, nilai kurang 5 orang dan meningkat pada siklus II yang mendapat nilai baik sebanyak 31 siswa, nilai cukup 2 orang, nilai kurang 5 orang. Hasil analisis data pengamatan psikomotor siklus I yang mendapat nilai baik sebanyak 22 siswa, nilai cukup 10 siswa, nilai kurang 6 siswa dan meningkat pada siklus II yang mendapat nilai baik 33 siswa, nilai cukup 3 siswa dan nilai
kurang 2 siswa. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan konstruktivisme dan metode Image Streaming (IS) dapat meningkatkan aktivitas pembelajaran dan kemampuan menulis karangan deskripsisiswa kelas IVA SDN 71 Kota Bengkulu.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | Users 30 not found. |
Date Deposited: | 03 Jan 2014 13:26 |
Last Modified: | 03 Jan 2014 13:26 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/6097 |