Heri, Jon and Daimun , Hambali and Herman , Lusa (2013) PENERAPAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS CERPEN PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS VB SDN 68 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bengkulu.
![Thesis [thumbnail of Thesis]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
IV,V,LAMP,3-13-jon.FI.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (9MB)
![Thesis [thumbnail of Thesis]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
I,II,III,3-13-jon.FI.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (9MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas pembelajaran dan kemampuan menulis cerpen siswa dengan menerapkan pendekaan konstuktivisme siswa kelas VB SDN 68 Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian
tindakan kelas (PTK) yang terdiri atas dua siklus. Setiap siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan/observasi dan refleksi. Subjek penelitian
adalah guru dan siswa kelas VB SDN 68 Kota Bengkulu yang terdiri 29 siswa pada tahun pelajaran 2013/2014. Pengumpulan data dilakukan melalui lembar observasi dan lembar tes. Lembar observasi terdiri atas lembar observasi guru,lembar observasi siswa, lembar penilaian afektif, dan lembar penilaian psikomotor, sedangkan menulis cerpen siswa menggunakan lembar tes. Hasil yang diperoleh dari penelitian yaitu : (1) siklus I dengan rata-rata skor observasi aktivitas guru mencapai 37,5 termasuk kategori cukup, rata-rata skor observasi aktivitas siswa mencapai 35 termasuk kategori cukup, nilai rata-rata afektif siswa
yaitu 2,12 termasuk kategori cukup dan nilai rata-rata psikomotor 2,33 termasuk kedalam kategori cukup. Sedangkan nilai rata-rata kemampuan menulis cerpen siswa yaitu 64,89 dengan ketuntasan belajar klasikalnya yaitu 41,38%. (2) siklus II dengan rata-rata skor observasi aktivitas guru meningkat menjadi 49,5 termasuk kategori baik, rata-rata skor aktivitas siswa meningkat menjadi 47,5 termasuk
dalam kategori baik, nilai rata-rata afektif siswa yaitu 2,53 termasuk kategori baik dan nilai rata-rata psikomotor siswa yaitu 2,52 termasuk kategori baik. Sedangkan
nilai rata-rata kemampuan menulis cerpen yaitu 74,79 dengan ketuntasan belajar klasikalnya yaitu 79,31%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan pendekatan konstruktivsme dapat meningkatkan aktivitas
pembelajaran dan meningkatkan kemampuan menulis cerpen siswa kelas VB SDN 68 Kota Bengkulu.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | Users 30 not found. |
Date Deposited: | 09 Jan 2014 14:43 |
Last Modified: | 09 Jan 2014 14:43 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/6257 |