EFEKTIVITAS IKLAN KARTU SIMPATI EKSTRA MELALUI MEDIA BILLBOARD TERHADAP TINGKAT PENCAPAIAN AWARENESS DAN INTEREST CALON KONSUMEN (Studi Kasus Pada Pelajar Kelas IX Unggul SMPN 01 Kota Bengkulu)

Juwita , Astrid and Khairil, Buldani and Andi, Makhrian (2007) EFEKTIVITAS IKLAN KARTU SIMPATI EKSTRA MELALUI MEDIA BILLBOARD TERHADAP TINGKAT PENCAPAIAN AWARENESS DAN INTEREST CALON KONSUMEN (Studi Kasus Pada Pelajar Kelas IX Unggul SMPN 01 Kota Bengkulu). ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UNIB.

[thumbnail of I,II,III-AST-FISIP.pdf] Text
I,II,III-AST-FISIP.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)
[thumbnail of IV,V-AST-FISIP.pdf] Text
IV,V-AST-FISIP.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Media yang digunakan dalam beriklan meliputi segenap perangkat yang dapat
memuat atau membawa pesan-pesan penjualan kepada calon konsumennya. Seorang
calon konsumen yang sebelumnya tidak pernah melihat dan mendengar mengenai suatu
produk, melalui iklan maka akan tumbuh kesadaran pengenalan dan kesan dan kemudian
mengerti dan tertarik terhadap merek atau produk sehingga menghantarkanya pada tahap
akhir yaitu mengambil tindakan yang diharapkan. Penelitian ini bermaksud untuk
mengetahui bagaimana efektivitas sebuah iklan billboard dalam pengenalan dan kesan
terhadap merek yang diiklankan dan ketertarikan terhadap produk yang diiklankan.
Penelitian ini dilakukan terhadap pelajar SMP Negeri 1 Kota Bengkulu yang menjadi
audiens tetap iklan billboard kartu Simpati Ekstra yang terpasang di jalan Let. Jend
Suprapto yaitu sejumlah 33 responden. Teknik penetapan sampel yang digunakan adalah
metode proporsional random sampling yaitu pengambilan sampel dari angota populasi
yang diambil atas dasar kriteria-kriteria tertentu dan diambil secara proporsional dan
acak. Selanjutnya data dianalisa menggunakan teknik analisis kuantitatif. Untuk
menghitung masing-masing variabel X1, X2 dan Y digunakan korelasi parsial.dari hasil
penelitian dapat diketahui bahwa ternyata ada pengaruh antara beriklan melalui media
billboard terhadap pencapaian awareness dan interest calon konsumen. Hal ini sekaligus
menyatakan bahwa Hipotesis Kerja (HK) diterima dan Hipotesis Nihil (HO) ditolak. Hal
ini dapat dilihat dari perhitungan masing-masing variabel melalui korelasi parsial dan uji
t hitung , dimana t hitung ≥ t tabel. Dari hasil pembahasan dapat diambil kesimpulan bahwa
efektifitas iklan kartu Simpati Ekstra melalui media billboard yang meliputi strategi
dalam memilih media (X1) dan keefektifan media bilboard (X2) mempengaruhi tingkat
pencapaian awareness dan interest calon konsumen.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Department of Public Administration
Depositing User: 015 Heppy Rosita Damanik
Date Deposited: 11 Jan 2014 20:33
Last Modified: 11 Jan 2014 20:33
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/6300

Actions (login required)

View Item
View Item