PERBEDAAN HASIL BELAJAR FISIKA MELALUI PENERAPAN METODE PROBLEM SOLVING DAN METODE KONVENSIONAL DI SMP NEGERI KOTA BENGKULU TAHUN AJARAN 2011/2012

Hanisa Putri, Desy PERBEDAAN HASIL BELAJAR FISIKA MELALUI PENERAPAN METODE PROBLEM SOLVING DAN METODE KONVENSIONAL DI SMP NEGERI KOTA BENGKULU TAHUN AJARAN 2011/2012. In: Seminar dan Rapat Tahunan Bidang MIPA, Badan Kerjasama Perguruan Tinggi Negeri (BKS-PTN) Indonesia Wilayah Barat , 4 - 5 Mei 2013, Lampung.

[thumbnail of Proceeding]
Preview
Text (Proceeding)
MAKALAH SEMIRATA DIUNILA 2013.pdf - Bibliography

Download (81kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui perbedaan hasil belajar fisika melalui penerapan metode problem solving dan metode konvensional di SMP N Kota Bengkulu. 2) mengetahui berapa besar perbedaan hasil belajar fisika melalui penerapan metode problem solving dan metode konvensional di SMP N Kota Bengkulu. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Negeri Kota Bengkulu sebanyak 22 SMP. Sampel penelitian ini sebanyak 10 kelas yaitu 338
orang siswa yang berasal dari 5 SMPN. Sebelum dikenai perlakuan kedua kelas (kelas eksperimen dan kelas Kontrol) tersebut diuji homogenitasnya dengan uji beda mean yang berdasarkan nilai rata-rata hasil belajar. Teknik pengambilan sampel adalah teknik proporsional random sampling. Metode pengumpulan data adalah tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan
adalah uji t-test yang sebelumnya dilakukan uji normalitas dan homogenitas. Hasil penelitian pada taraf signifikansi 95% diperoleh thitung = 14,235 sedangkan ttabel =1,645 Dengan demikian dapat dikatakan bahwa ada perbedaan hasil belajar fisika siswa yang dibelajarkan dengan metode Problem Solving dan metode konvensional. Untuk mengetahui mana yang lebih baik dapat ditentukan dari nilai N-gain. N-gain kelas kontrol sebesar 0,453 dan kelas eksperimen sebesar 0,655. sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa hasil hasil belajar siswa yang menggunakan metode Problem Solving lebih baik dari pada menggunakan metode konvensional.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Journal
Depositing User: Users 30 not found.
Date Deposited: 20 Mar 2014 20:54
Last Modified: 20 Mar 2014 20:54
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/6706

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200