MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN TEORI BILANGAN MELALUI LESSON STUDY

Haji, Saleh (2014) MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN TEORI BILANGAN MELALUI LESSON STUDY. In: PROCEEDING SEMINAR NASIONAL, 4-6 NOPEMBER 2OlO, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bengkulu, Indonesia.

[thumbnail of Procedding]
Preview
Archive (Procedding)
B10_SALEH HAJI_SEMNAS BERPROSIDING_UNIB_2010.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB) | Preview

Abstract

Lulusan pergunurn tinggi yang bermutu merupakan tuntutafl masyarakat, terutama dari stake holder yang memerlukannya.
Untuk memenuhi tuntutan tersebut, maka peningkatan kualitas
pembelajaran di perguruan tinggi me4iadi suatu keharusan.
Mata kuliah Teori Bilangan merupakan salah satu mata kuliah keahlian di Program Studi Pendidikan Matematika JPMIPA
FKIP UNIB. Mata kuliah Teori Bilangan memiliki peran yarg sangat sftategis, karena konsep-konsep yang dipelajarinya
menjadi dasar bagi konsep-konsep matematika pada mata kutiah
lainnya.Salatr satu upaya meningkatkan kualitas pembelajaran
dengan cara menerepkan Lesson Study pada pembelajaran Teori Bilangan melalui tiga talrap kegiatan yaitu: l. merencanakan
pembelajaran (plan), 2. melaksanakan pembelajaran (do), dan 3.Refleksi (see). Bentuk perencanaan pembelajaran adalah RPP,silabus, dan Lembar Kerja Mahasiswa (LKM). Pelaksairaan
pembelajaran dilakukan dengan menggunakan metode
ekspositori, dishrsi, dan tugas. Hasil refleksi menghendaki
perlunya pengaturan meja dan kursi untuk diskusi kelompok
yang memungkinkan keleluasan bergerak bagi mahasiswa
maupun dosen dalam melakukan kegiatan pembelajaran, Selain
itu bentuk RPP perlu mencamtunkan kegiatan penggunaan
LKM oleh mahasiswa. Kesimpulan teiah terjadi peningkatan
kualitas pembelajaran dari aspek pengu,ls,um materi, aktifitas mahasisw4 dan perangkat pembelajaran. Sebanyak 95%
mahasiswa mampu menjawab dengan benar soal yang diberikan. Sebanyak 82% mahasiswa aktif mengikuti perkuliah.
Sebanyak 90% kelengkapar pembelajaran telah terpenuhi.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: 022 Gofar Ismail
Date Deposited: 03 Apr 2014 09:37
Last Modified: 03 Apr 2014 09:37
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/7154

Actions (login required)

View Item
View Item