Satriadi, Satriadi and Angky , Puspawan and Agus , Nuramal (2013) ANALISA PENGARUH VARIASI CELAH KATUP MASUK DAN KATUP KELUAR PADA PERFORMA MESIN EMPAT LANGKAH BERBAHAN BAKAR PREMIUM ( C8H18). ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Teknik.UNIB.
![SKRIPSI I,II,III.pdf [thumbnail of SKRIPSI I,II,III.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI I,II,III.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (1MB)
![SKRIPSI IV,V,LAMP.pdf [thumbnail of SKRIPSI IV,V,LAMP.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI IV,V,LAMP.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (848kB)
Abstract
Salah satu bagian utama dari mesin sepeda motor yaitu mekanisme katup. Komponen ini sangat mempengaruhi performa mesin, karena menjadi pintu masuk campuran udara dan bahan bakar masuk kedalam ruang pembakaran dan pintu keluar hasil pembakaran. Apabila salah satu komponen mekanisme katup
mengalami gangguan mengakibatkan performa mesin akan turun. Celah katup harus pada kondisi standar tujuannya agar didapatkan ketepatan waktu saat membuka dan menutupnya katup sehingga diperoleh tenaga yang optimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mencari dan menganalisa variasi celah katup masuk dan celah katup buang terhadap performa motor bakar. Pengujian performa motor bakar menggunakan alat uji dinamometer dengan variasi celah katup masuk 0.03 mm, 0.05 mm, 0.07 mm dan celah katup buang 0.03 mm, 0.05 mm dan
0.07 mm berbahan bakar premium. Data putaran diambil dari setiap variasi celah katup melalui dinamometer terhadap roda belakang dengan melibatkan regangan pegas 1, regangan pegas 2 dan waktu untuk menghabiskan bahan bakar. Sehingga data pengujian dapat diketahui untuk mengevaluasi parameter performa motor bakar, seperti torsi, daya dan konsumsi bahan bakar spesifik (SFC). Hasil pengujian performa motor bakar yang optimal didapat pada celah katup masuk 0.05 mm, dan celah katup buang 0.05 mm.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Faculty of Engineering > Department of Mechanical Engineering |
Depositing User: | 011 Syahrul Lubis |
Date Deposited: | 27 Apr 2014 00:48 |
Last Modified: | 27 Apr 2014 00:48 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/7753 |