PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING ( Guided Discovery) TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA DI SMKN 1 KOTA BENGKULU

Yanti, Yarni Sri and Sakti, Indra and Purwanto , Andik (2014) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING ( Guided Discovery) TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA DI SMKN 1 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of Thesis]
Preview
Archive (Thesis)
I,II,III,II-14-yar.FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (982kB) | Preview
[thumbnail of Thesis]
Preview
Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,II-14-yar.FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB) | Preview

Abstract

Telah dilakukan penelitian dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran penemuan terbimbing ( guided discovery ) terhadap hasil Belajar fisika di SMKN 1 Kota Bengkulu. Penelitian kuasi eksperimen ini dilakukan dengan desain nonequivalent control group design yang terdiri dari dua kelas sampel yakni 1 kelas eksperimen dan 1 kelas kontrol. Pengukuran menggunakan pre-test dan post-test. Teknik analisis data yang digunakan adalah Chi-kuadrat untuk menguji normalitas data dan dilanjutkan dengan uji-t pada taraf signifikansi = 0,05 untuk menguji ada atau tidaknya pengaruh penggunaan model pembelajaran penemuan terbimbing terhadap hasil belajar. Hasil uji-t didapatkan nilai =10,325 dan =1,99495 , yang artinya Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penerapan model pembelajaran penemuan terbimbing ( guided discovery) terhadap hasil belajar fisika di SMKN 1 Kota Bengkulu yakni hasil belajar siswa dalam pembelajaran fisika materi momentum dan impuls dengan menggunakan model pembelajaran guided discovery lebih baik dari pada peserta didik yang diajar menggunakan metode konvensional . Hal ini dapat dilihat dari rata-rata hasil belajar siswa yaitu rata-rata siswa kelas eksperimen = 80,1 sedangkan rata- ratasiswa kelas kontrol = 65,3.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Physic Education
Depositing User: Users 30 not found.
Date Deposited: 10 Sep 2014 10:51
Last Modified: 10 Sep 2014 10:51
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/8420

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200