PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PBM) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VIIIDSMPN 6 KOTA BENGKULU

Hendriyanto S, Vito and Abas, Abas and Irawati, Sri (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PBM) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VIIIDSMPN 6 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of Thesis]
Preview
Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,I-14-vit-FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB) | Preview
[thumbnail of Thesis]
Preview
Archive (Thesis)
I,II,III,I-14-vit-FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas mengajar guru, aktivitas belajar siswa dan meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) di kelas VIIID SMPN 6 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah PTK dengan metode deskriptif. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari 4 tahap : tahap perencanaan tindakan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan seluruh siswa kelas VIIID SMPN 6 Kota Bengkulu. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar tes dan lembar observasi, lembar observasi terdiri dari lembar observasi guru dan siswa. Pada siklus 1 rata-rata skor observasi guru adalah 26 yang termasuk kriteria baik, sedangkan rata-rata skor observasi siswa adalah 29 yang termasuk kriteria baik. Sedangkan pada siklus 2 rata-rata skor observasi guru adalah 30,5 yang termasuk kriteria baik, sedangkan rata-rata skor observasi siswa adalah 30,5 yang termasuk kriteria baik. Selanjutnya data hasil belajar pada siklus 1 dianalisis berdasarkan kriteria ketuntasan belajar klasikal dan di peroleh nilai rata-rata siswa 74,23 dengan persentase ketuntasan belajar klasikal 65,38 % dengan kriteria belum tuntas dan pada siklus 2 nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 80,19 dengan persentase ketuntasan belajar 88,46 % dengan kriteria tuntas. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa penelitian dengan menggunakan model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa kelas VIIID SMPN 6 Kota Bengkulu.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Biology Education
Depositing User: 022 Gofar Ismail
Date Deposited: 22 Jun 2023 03:08
Last Modified: 22 Jun 2023 03:08
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/8608

Actions (login required)

View Item
View Item
Link slot terpercaya situs slot gacor hari ini Situs Slot Gacor Dan Link Slot Maxwin slot gacor Situs Slot Thailand Lewat Link Slot Gacor situs slot gacor yang resmi dan terpercaya Situs Slot Gacor Malam Ini Dengan Slot Maxwin Situs Slot Gacor Slot777 Terpercaya Hari Ini