Mentari, Meiria Ulfah and Wiwit, Wiwit and Bahar, Amrul (2014) STUDI PERBANDINGAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PBL (PROBLEM BASED LEARNING) DAN MODEL PEMBELAJARAN TPS (THINK PAIR SHARE). ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
I,II,III,II-14-mei.FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (2MB) | Preview
IV,V,LAMP,II-14-mei.FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (2MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa pada pembelajaran kimia antara kelas eksperimen I yang menerapkan model pembelajaran PBL (Problem Based Learning) dengan kelas eksperimen II yang menerapkan model pembelajaran TPS (Think Pair Share) pada pokok bahasan reaksi redoks di kelas X SMA Plus Negeri 7 Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Hasil belajar siswa pada penelitian ini dilihat dari selisih nilai pretest dan postest. Pada kelas eksperimen I, nilai rata-rata peningkatan hasil belajar kognitif siswa sebesar 42,19. Sedangkan pada kelas eksperimen II, nilai rata-rata peningkatan hasil belajar kognitif siswa sebesar 50. Melalui serangkaian uji statistik dilakukan pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t (α = 0,01) diperoleh thitung=3,16 dan ttabel(0,99)(62)=2,66. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara kelas yang menerapkan model PBL dan kelas yang menerapkan model TPS.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Chemistry Education |
Depositing User: | 033 Darti Daryanti |
Date Deposited: | 03 Oct 2014 09:49 |
Last Modified: | 03 Oct 2014 09:49 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/8747 |