PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VA PADA MATA PEALAJARAN IPA SD NEGERI 25 KOTA BENGKULU

Ritasty, Meksi and Dalifa, Dalifa and Kustianti, Sri Ken (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VA PADA MATA PEALAJARAN IPA SD NEGERI 25 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of Thesis]
Preview
Archive (Thesis)
I,II,III,II-14-mek.FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Thesis]
Preview
Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,II-14-mek.FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh hasil belajar Pembelajaran IPA dengan menerapkan model PBL.Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 25 Kota Bengkulu. Sampel penelitian diambil menggunakan teknik random sampling sehingga diperoleh kelas VA yang berjumlah 30 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VB yang berjumlah 26 siswa sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian berupa tes hasil belajar aspek pengetahuan, lembar penilaian aspek sikap, dan lembar penilaian aspek keterampilan. Berdasarkan uji hipotesis menggunakan Uji-t dua sampel independen, diperoleh hasil belajar aspek pengetahuan thitung 6,02 > ttabel 2,00 pada taraf signifikan 5% ; menunjukkan bahwa terdapat pengaruh hasil belajar yang signifikan aspek pengetahuan siswa antara pembelajaran model PBL dengan pembelajaran konvensional. Uji-t yang dilakukan pada hasil belajar aspek sikap diperoleh thitung 1,04< ttabel 2,00 pada taraf signifikan 5%; menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh hasil belajar yang signifikan aspek sikap siswa antara pembelajaran model PBL dengan pembelajaran konvensional. Uji-t yang dilakukan pada hasil belajar aspek keterampilan diperoleh thitung 1,99 < ttabel 2,00 pada taraf signifikan 5% ; menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh hasil belajar yang signifikan aspek keterampilan siswa antara pembelajaran model PBL dengan pembelajaran konvensional

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 033 Darti Daryanti
Date Deposited: 08 Oct 2014 15:28
Last Modified: 08 Oct 2014 15:28
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/8831

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200