MENINGKATKAN KEMAMPUAN SAINS ANAK MELALUI METODE EKSPERIMEN PADA KELOMPOK B DI PAUD HAQIQI KOTA BENGKULU

Murniati, Desri and Syam, Norman and Yulidesni, Yulidesni (2014) MENINGKATKAN KEMAMPUAN SAINS ANAK MELALUI METODE EKSPERIMEN PADA KELOMPOK B DI PAUD HAQIQI KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img]
Preview
Archive (Thesis)
I,II,III,II-14-des.FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (435kB) | Preview
[img]
Preview
Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,II-14-des.FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini yaitu apakah melalui metode eksperimen dapat meningkatkan kemampuan sains tentang pencampuran warna anak kelompok B PAUD HAQIQI Kota Bengkulu. Tujuan dan subyek dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan sains anak kelompok B PAUD HAQIQI Kota Bengkulu yang terdiri dari 10 laki-laki dan 4 perempuan dengan penerapan metode eksperimen. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas ( Classrooom Action Recearch) . Data diambil dengan cara penilaian proses pembelajaran/observasi dan hasil evaluasi pembelajaran. Data yang dianalisis dengan melihat kecendrungan umum dan teknik statistik deskriptif pada persentase keberhasilan. Dari siklus I ke siklus II persentase anak meningkat dengan kategori ketertarikan anak dalam mencampur warna mencapai keberhasilan 86%, untuk penilaian kemampuan anak dalam mencampur warna mencapai keberhasilan 86%. Kemampun anak dalam menjawab hasil percobaan pencampuran warna mencapai keberhasilan 86%. Peningkatan proses dan hasil belajar dalam penerapan sains melalui metode eksperimen pencampuran warna dapat dilihat langsung dari keaktifan setiap tahapan siklus. Melalui eksperimen sains pencampuran warna masing-masing anak dilibatkan langsung sehingga muncul rasa ingin tahu, motivasi, semangat belajar masing-masing individu anak meningkat. Dengan demikian penggunaan metode eksperimen dapat dijadikan salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan sains anak.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Pre-elementary School Education
Depositing User: 033 Darti Daryanti
Date Deposited: 29 Sep 2014 15:19
Last Modified: 29 Sep 2014 15:19
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/8641

Actions (login required)

View Item View Item