Lestari, Tiara and Lusa, Herman and Feri, Noperman (2019) PENGARUH MODEL INKUIRI TERBIMBING DAN MEDIA CROSSWORD PUZZLE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI KOTA BENGKULU (TEMA 6 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 1). ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
TIARA LESTARI.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (3MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Inkuiri
Terbimbing dengan Media Crossword Puzzle terhadap hasil belajar siswa
pada pembelajaran tematik. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif.
Metode penelitian yang digunakan adalah Quasy Experimental dengan jenis
desain The Matching Only Pretest-Posstest Control Group Design. Populasi
penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Kota Bengkulu. Sampel pada
penelitian ini adalah kelas V B SDN 19 Kota Bengkulu dan kelas V A SDN
09 Kota Bengkulu. Teknik pengambilan sampel menggunakan Cluster
Random Sampling. Jumlah sampel 60 siswa yang terdiri dari kelas V B SDN
19 Kota Bengkulu berjumlah 30 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas V
A SDN 09 Kota Bengkulu berjumlah 30 siswa sebagai kelas kontrol.
Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes hasil belajar kognitif
berbentuk soal Essay yang yang berjumlah 10 butir soal yang diberikan
melalui Pretest dan Posttes.Hasil uji t gain skor didapatkan harga
sebesar 2,18 lebih besar dari harga sebesar 2,00 artinya terdapat
pengaruh signifikan penggunaan model Inkuiri Terbimbing dengan media
Crossword Puzzle terhadap hasil belajar siswa. Berdasarkan uji hipotesis,
diperoleh bahwa: terdapat pengaruh penggunaan model Inkuiri Terbimbing
dengan media Crossword Puzzle terhadap hasil belajar siswa kelas V Kota
Bengkuku pada tema 6 subtema 1 pembelajaran 1.
Kata kunci: Model Inkuiri Terbimbing, Crossword Puzzle, Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 13 Jul 2023 07:21 |
Last Modified: | 13 Jul 2023 07:21 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/12976 |